Daotracker.com

Cara Mendidik Anak agar Disiplin dan Bertanggung Jawab

Written on June 17, 2018   By   in Gaya Hidup

Dummy

Seperti yang telah kita ketahui, mendidik anak memang bukanlah perkara yang mudah. Meskipun demikian masih banyak kok orang tua yang berhasil mendidikanak-anaknya hingga menjadi sukses. Kesuksesan seorang anak dapat diraih apabila ia mempunyai pribadi yang disiplin dan bertanggung jawab. So tugas kita sebagai orang tua adalah mengajarkan hal tersebut guys. Tentu kalian pengen kan melihat buah hati kesayangan kelak menjadi orang sukses.

Dan tugas kita sekarang adalah mengajarkan tentang kedisiplinan serta tanggung jawab nih. Nah buat kalian yang masih bingung dan cari tahu gimana sih caranya, tenang aja karena bentar lagi penulis bakalan ngebocorin rahasianya. Yuk langsung saja berikut 4 cara mendidik anak agar disiplin dan bertanggung jawab.

  1. Buatlah Peraturan di Dalam Rumah

Jangan pernah beranggapan kalau peraturan ini terlihat ribet dan akan membuat anak merasa seperti di dalam penjara ya guys. simple aja kok peraturan yang bisa kita buat, misalkan setelah membaca buku harus di tempatkan pada raknya kembali, atau jangan tidur lewat dari jam 11 malam. Dengan begitu anak akan mulai bisa menata kepribadiaannya dan kelak menjadi lebih disiplin.

  1. Jelaskan Peraturan itu dengan Bahasa yang Tepat

Setelah kita membuat peraturan tentunya percuma saja kalau tidak di terapkan bukan. Nah sebagai orang tua yang baik, sebelum kita meminta anak untuk mematuhi peraturan tersebut kita harus mencontohkannya terlebih dahulu guys. dengan begitu tanpa kita memintapun pasti anak akan meniru keseharian kita. Namun apabila hal itu tidak terjadi kita bisa mengingatkan anak dengan bahasa yang baik. Misalnya sebagai ganti dari perkataan “kembalikan lagi mainanmu ke tempatnya!” bisa diganti “adalah hal yang baik jika adek mengembalikan mainanmu ke tempatnya agar tidak rusak” apabila ia menolak, maka katakanlah “Ayo dek kita kumpulkan bersama-sama mainannya”. Dengan begitu lambat laut anak akan mudah paham.

  1. Jangan Pernah Menyalahkan Anak

Melihat tingkah laku anak yang suka mengotori rumah, tidak mau membereskan mainannya setelah selesai bermain tentunya sudah menjadi makanan sehari-hari bukan. Memang anak harus diingatkan agar tidak mengulanginya lagi. Namun alangkah lebih baiknya jika kita menggunakan bahasa yang benar ketika menegor anak. Contoh kecil ketika sang anak melakukan kesalahan yang harus kita katakan adalah “perbuatan ini tidak benar, seharusnya kamu meletakkan buku ini di rak itu” jangan malah mengatakan “apa yang telah kamu lakukan kenapa ada buku berserakan disini, ayo letakkan kembali di raknya”. Karena jika demikian malah akan melukai hati anak dan dia justru tidak mau bertanggung jawab dengan perbuatannya.

  1. Berikan Kesempatan untuk Memperbaiki Diri

Cara terakhir adalah memberikan kesempatan anak untuk memperbaiki diri. Jangan pernah menutup jalan untuk dia menjadi pribadi yang lebih baik ya. Berikan dia jalan untuk mencari jati dirinya, dan jangan lupa bombing anak semampu kita dengan cara-cara yang tepat.

  1. Kenalkan pada alam

Alam mampu mengajari segalanya. Termasuk juga soal kedisiplinan dan tanggungjawab. Misalnya ajaklah anak menanam, jika tidak disiplin dalam menyirami tanaman, maka tanaman akan mati. Begitu nilai kehidupan. Tak perlu kawatir jika anak berkotor-kotoran, yang penting anda siapkan saja produk personal care yang tepat seperti perawatan tubuh anak DOREMI THOMAS & FRIENDS. Produk ini di desain untuk anak-anak. Mulai kemasan hingga kandungan di dalamnya. Sehingga sangat cocok dan aman untuk anak-anak.

Demikianlah 4 cara mendidik anak agar disiplin dan bertanggung jawab. Semoga bermanfaat dan see you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *